Beberapa Jenis-Jenis Ikan Gurame

Beberapa Jenis-Jenis Ikan Gurame - Ikan gurame yang telah lama di kenal dengan dua jenis, yaitu ikan gurame soang (angsa) dan ikan gurame jepun (jepang). namun saat ini terdapat beberapa strain gurame baru yang di duga strain strain gurame yang baru tersebut merupakan keturunan dari kawin silang gurame soang dan jepun, hasil dari perkawinan silang tersebut mengalami penyesuaian pada masing masing daerah tempat ika tersebut hidup. di bawah ini akan kami sajikan beberapa jenis ikan gurame yang mungkin anda telah mememilaharanya namun belum mengetahui jenisnya.

Beberapa Jenis-Jenis Ikan Gurame

Di bawah ini adalah beberapa jenis ikan gurame hasil dari persilangan kedua jenis ikan gurame tersebut : 
Gurame Soang (Angsa)Sebutan Gurame soang di berikan pada Gurame jenis ini karena memiliki 2 dahi yang cukup menonjol baik jantan maupun betina. Sementara cula atau nonong dari dahi tersebut tidak terlihat pada Gurame betina jenis Gurame lain. Tubuh Gurame jantang panjang dan ramping dengan tonjolan dagu yang lebih terlihat daripada
Gurame soang betinaGurame soang termasuk 2 jenis Gurame yang di duga asli berasal dari indonesia. Gurame jenis soang banyak di temukan di daerah ciamis, tasikmalaya dan daerah sekitarnya di jawa-barat.
Ke unggulan pada Gurame soang terlihat dari pertumbuhan yang lebih cepat di banding dengan dua jenis Gurame lainya. Dalam waktu satu tahun sejak berupa telur, berat Gurame angsa mencapai 700g/ekor. Hal tersebut  di sebabkan Gurame jenis soang lebih rakus dalam mengkonsumsi pakan dan memiliki gerakan yang lebih lincah ketika merespon pakan.
Bentuk tubuh Gurame soang sedikit tinggi memanjang dan pipih ke samping. Panjang tubuh maximum mencapai 65cm tinggi tubuh 2-21 kali tinggi pada Gurame umumnya, dan memiliki berat sebesar 8kg. Pada tubuh Gurame soang terdapat garis gurat sisi tunggal yang terlihat dengan jelas. Sisik badanya agak membulat berukuran besar, dan berwarna kecoklatan dengan bintik warna hitam di dasar sirip dada. Gurame soang kecil memiliki sisik berwarna kemerahan, terutama pada bagian ekornya dan terlihat adanya garis vertikal sebanyak 5-12buah dan akan menghilang ketika mulai dewasa.
Produktivitas Gurame jenis soang lebih tinggi di banding dengan Gurame jenis lain, Gurame soang biasanya sudah bisa menghasilkan bibit mulai 3-5tahun. Jumlah telur yang di hasilkan pun lebih banyak yaitu sekitar 5.000 – 7.000 butir per ekor.

Gurame jepun (jepang)Varietas Gurame jepun ( jepang) juga sudah lama di kenal di indonesia. Gurame ini memiliki ukuran tubuh lebih pendek di banding Gurame angsa. Panjang tubuh Gurame jepun sekitar 45 CM dengan berat tubuh sekitar 3-4 kg.
Ketika kecil, tubuh Gurame jepun berwarna kebiruan dan berubah menjadi hitam atau agak gelap ketika mulai dewasa. Sisik Gurame ini juga lebih kecil dari Gurame angsa. Produksi telur Gurame jepun berkisar 2.000 – 3.000 butir/ ekor.
Gurame kapas
Gurame kapas memiliki warna tubuh putih keperakan seperti kapas dengan sisik agak besar dan kasar.Berat tubuh Gurame kapas dewasa mencapai 1,5 kg per ekor.Dalam waktu satu tahun berat Gurame ini mencapai 1.000 g/ekor terhitung sejak telur menetas. Fekunditas telur yang di hasilkan dalam sekali memijah sekitar 3.000 butir per ekor. Gurame jenis ini biasanya banyak di jumpai di daerah magelang jawa-tengah.
Gurame bastar
Tubuh Gurame bastar berwarna agak ke hitaman, sedangkan kepalanya putih polos. dahi kepalanya tidak begitu nonong dan ukuran sisiknya agak besar. meskipun pertumbuhan nya cepat, produksi Gurame bastar tidak begitu banyak, yaitu sekitar 2.000 -3.000 butir telur per ekor dalam sekali pemijahan. Varietas Gurame jenis bastar dapat di jumpai di daerah jawa barat.

Gurame parisTubuh Gurame paris berwarna dasar merah cerah. Pada kepalanya Gurame paris ini terdapat warna putih, sedangkan pada tubuhnya terdapat bintik-bintik hitam. Gurame paris memiliki berat maksimal 1,5 kg per ekor. Dalam sekali memijah Gurame paris mampu menghasilkan telur sekitar 5.000 – 6.000 butir per ekor.
Gurame BluesafirGurame bluesafir mempunyai warna tubuh merah muda cerah. Berat tubuh per ekor Gurame bluesafir lebih berat dari Gurame paris yaitu sekitar 2 kg. Induk betina Gurame bluesafir memiliki kemampuan memijah dengan fekunditas  3.000 butir per kg berat induknya.
Gurame batuGurame batu memiliki warna tubuh agak hitam dan sisik yang lebih kasar. Jenis Gurame ini sangat jarang di temui karena pertumbuhanya yang sangat lambat menjadikan petani ikan lebih memilih jenis Gurame lain daripada Gurame batu.
Gurame porselinGurame porselin memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dari tubuhnya. Tubuhnya berwarna merah muda terang, sedangkan bagian bawah tubuhnya berwarna agak keputihan. Kemampuan Gurame porselin dalam memijah lebih bayak karena mampu menghasilkan telur sekitar 10.000 butir hanya dengan berat tubuh induk sekitar 1,5 kg sampai 2 kg per ekor.
Berdasarkan jenis-jenis Gurame yang saat ini di kembangkan, jenis Gurame yang memiliki ke unggulan dalam jumlah benih yang di hasilkan adalah Gurame soang (angsa), Gurame bluesafir, Gurame paris. Hal tersebut di sebabkan jumlah terlur yang di hasilkan ke tiga jenis Gurame ini mencapai 5.000 butir. Namun dalam hal pertumbuhan tubuhnya, Gurame bastar lebih cepat dalam pertumbuhanya dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat
Demikianlah ulasan tentang jenis jenis ikan gurame yang bisa menjadi referensi anda untuk memelihara ikan gurame.


wdcfawqafwef