Tips Ternak Bebek Petelur

Tips Ternak Bebek Petelur - Bebek selain dikenal sebagai penghasil daging juga banyak dimanfaatkan telurnya. Telur bebek mempunyai ukuran sedikit lebih besar dari telur ayam dengan ciri yang sangat mudah dikenali yaitu berwarna biru muda. Telur bebek sendiri banyak digunakan sebagai bahan pembuatan makanan seperti martabak dan telur asin. oleh karena itu kebutuhan akan telur bebek cukup tinggi di pasaran. Dengan melihat potensi pasar yang cukup besar, maka budidaya bebek petelur bisa dijadikan sebegai suatu mata peancaharian. Berikut akan kami berikan beberapa langkah dalam beternak bebek petelur.


Tips Ternak Bebek Petelur

Langkah langkah untuk beternak bebek petelur yang bisa kita pelihara di belakang rumah antara lain :

Persiapan kandang
Dalam beternak bebek petelur, terdapat tiga jenis kandang yang sering digunakan,

  • Kandang anakan atau kandang box. kandang ini digunakan untuk memelihara anakan bebek yang baru lahir.
  • Kandang brower. kandang brower adalajh kandang yang digunakan untuk bebek yang sudahmemasuki usia produktif. kandang ini biasanya bebbentk model ren yaitu mengelompokan beberapa bebek dalam satu kandang.
  • Kandang layar. kandang ini merupakan kandang dimana bebek sudah mulai bertelur. model untuk kandang ini ada dua jenis yaitu kandang baterei yaitu kandang yang hanya diisi oleh sepasang bebek dan kandang kelompok dimana beberapa bebek diletakan dalam satu kandang.

Penyediaan bibit
Untuk mendapakan bebek petelur yan g berkualitas, ada dua cara yang dapat kita lakukan, yaitu :

  • Membeli telur tetas dari peternak lain yang terjamin kualitasnya, atau bisa baca artikel cara menetaskan telur bebek
  • Membeli indukan bebek untuk kemudian diambil telurnya dan ditetaskan.  ciri indukan bebek yang baik adalah bertubuh tegak dengan warna bulu yang mengkilap dan tidak mempunyai cacat pada tubuhnya.

Pemberian pakan bebek petelur
Pemberian pakan pada bebek peteur akan sangat mempengaruhi jumlah produksi telur yang dihasilkan. Pemberian pakan bebek yang baik harus memperhatikan kebutuhan nutrisi bebek. Untuk pakan, kita dapat memberikan konsentrat yang dicampur dengan berbagai macam sayuran atau ikan-ikan kecil. Selain itu, keong juga bisa menjadi alternatif pakan bebek. pemberian minum juga harus diperhatikan karena bebek merupakan salah satu jenis unggas yang gemar minum.

Pemberian vitamin
Untuk menjaga kesehatan bebek, kita perlu memberikan beberapa jenis vitamin agar bebek tidak mudah terserabng penyakit. Pemberian vitamin dapat dilakukan dengan mencampurnya pada makanan dan minuman maupun dengan menyuntikanya pada tubuh bebek, semua itu tergantung dari jenis vitamin yang bdiberikan.

Demikianlah ulasan tentang bebek petelur yang saya ambil dari sahabat blogger dari situs caraternak.info, semoga bermanfaat bagi sahabat sahabat yang ingin memulai usaha.., selamat mencoba..